Hero

Resume Kinerja Q1 2020: Sektor Mana Paling Tumbuh?

SyariahSaham.com, CIANJUR -- Dari data yang diperoleh sampai pagi ini, sudah 96 emiten merilis laporan keuangan kuartal pertama tahun 2020. Angka ini menunjukkan bahwa baru sekitar 13,91% saja dari total emiten tercatat. Ke-96 emiten dimaksud berasal dari sembilan sektor yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Sebagian besar emiten yang sudah merilis laporan keuangannya berasal dari sektor keuangan, perdagangan atau jasa, barang konsumsi, dan properti konstruksi.

Dari sisi penjualan, 63 emiten berhasil membukukan kenaikan penjualan dan sisanya mencatatkan penurunan. Lagi-lagi emiten sektor keuangan mendominasi kenaikan penjualan ini. Secara sektoral, semua emiten pertanian (misal: AALI) mencatatkan kenaikan penjualan. Sebaliknya, sektor aneka industri (ASII, AUTO) kompak mengalami penurunan.

Dari 96 emiten yang sudah rilis, 73 di antaranya berhasil mencetak laba, dan sisanya membukukan kerugian. Sektor yang paling solid dalam laba adalah sektor keuangan. 25 dari 26 (96%) emiten sektor keuangan mencatatkan laba bersih. Di sektor lain, meski mengalami penurunan penjualan, dua emiten sektor aneka industri masih membukukan laba bersih.

Jika dilihat dari kenaikan atau penurunan laba bersih, maka sektor pertanian menjadi sektor yang ketiban berkah kenaikan harga CPO di awal tahun ini. Tiga dari emiten sawit berhasil mencetak kenaikan laba bersih yang signifikan. Hal ini berbanding terbalik dengan sektor aneka industri yang dua-duanya menorehkan penurunan laba bersih.

Untuk lebih jelasnya, mari kita cermati tabel berikut ini:
Rekap Sektoral Q1 2020
Bagaimana dengan pengamatan teman-teman, apakah ada sektor yang menarik di tengah pandemi Covid-19 yang kian mewabah? Semoga badai segera berlalu! [amsi]

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Resume Kinerja Q1 2020: Sektor Mana Paling Tumbuh? "

Posting Komentar