Hero

Perhiasan, Investasi atau Konsumtif?

SyariahSaham.com, SENAYAN -- Pasti banyak yang berpikir bahwa membeli perhiasan itu investasi. Iya apa iya? Sebagian ada yang setuju, sebagian ada yang tidak setuju, termasuk saya. 

Kenapa? Apa yang membuat membeli perhiasan itu bukan investasi?


Kita flashback terlebih dahulu. Mungkin orang tua kita pernah mewariskan sekotak perhiasan kepada kita. Dan karena kebutuhan, saat dijual pun harganya melonjak dibanding harga sewaktu beli. Orang yang mengalami ini pasti berpikir ini INVESTASI! Betul, investasi sejatinya kan menambah nilai pokok bukan? 

Kalau dipikir tahun 1960an mungkin orang tua kita masih bisa membeli emas perhiasan dengan harga yang jauh sangat murah dibanding saat ini. Nah, karena dijualnya mungkin tahun 2017 misal, ini harganya pasti melonjak tinggi. Karena kenaikan ini mereka menyebutnya INVESTASI.

Sekarang kita lihat saat ini. Tahun 2019, siapa yang tidak membeli perhiasan buat mahar nikah, atau buat kado ibu / istrinya? Pernah coba tanya harga sebelum ongkos berapa? Biasanya di toko emas diinfokan harga emas per hari ini adalah.... 

Saat penulis membuat artikel ini 
harga emas putih dengan kadar 75% dikisaran 400-450rb /gram. 
harga emas kuning dengan kadar 75% dikisaran 350-400rb / gram.
ini harga toko setara didalam Mall ya...
(tunggu harga ini belum final ya...) 


Jika ditambah dengan "ongkos", satu gram emas bisa lebih dr 500rb/gr. Hmm......

Menarik ya bisnis perhiasan emas? hehehee.... Coba cek pernah nggak temen-temen aware soal ini?

Lanjut ya.... 
Kalaupun misal dibilang beli emas perhiasan saat ini adalah INVESTASI tidak benar tidak juga salah. Tinggal masa tunggunya ini saja yang harus "sabar". Masalahnya orang menganggap beli emas perhiasan ini untuk investasi jangka pendek dibawah 3 tahun. 

Saya aja yang jual emas perhiasan tahun 2015, belinya tahun 2008 silam, cuma dpt balik modal plus untung 100rb. Hehehe... 7 tahun cuma dapat 100rbuan? Investasi? Silahkan di tentukan masing-masing kesimpulannya.

Kesimpulan saya, untuk menabung emas perhiasan dengan tujuan investasi kurang tepat. Dikarenakan ada biaya lain yang timbul terlebih dahulu (ongkos pembuatan) yang dibebankan kepada kita, namun pada saat penjualan, ongkos ini dianggap hilang. Jadi yang dihitung adalah harga dasar emasnya. Ya anggap saja potongan tadi merupakan biaya sewa emas perhiasan.

Okey, jadi yang suka menabung emas perhiasan boleh dipikirkan kembali untuk pilihan dalam berinvestasi.


--


Untuk melanjutkan diskusi silakan klik @SahamSyariah untuk bergabung di channel telegram dan juga grup kita di @GrupSyariahSaham.

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Perhiasan, Investasi atau Konsumtif? "

Posting Komentar