Hero

Berkaca dari Perilaku "Teman"

SyariahSaham.com, CIANJUR -- Dalam sebulan terakhir, ada satu saham yang menarik perhatian saya secara teknikal. Saham yang dimaksud adalah saham FREN. Beberapa teman di forum Syariah Saham sering memplesetkan saham ini menjadi saham "TEMAN."
"Trend is your friend, follow it untill it ends." Mungkin sebagian kita sudah familiar dengan ungkapan tersebut. Ya, dalam analisis teknikal, tren adalah teman kita. Cukup ikuti tren sampai berakhir.
FREN menjadi "teman" tren saya selama sebulan terakhir. Saya mulai tertarik masuk di saham ini pada tanggal 23 Januari bulan lalu. Saat itu saya beli di harga 111, 2 tickdi atas harga high sebelumnya, 109. Saya mungkin telat masuk dibanding teman-teman yang lain, namun memang baru saat itu saya ada kas yang bisa dibelanjakan untuk beli saham FREN.
Seperti biasa, saya sudah setting trading plan untuk FREN berdasarkan chart di bawah ini:
Grafik Saham FREN

Grafik Saham FREN
Sebagaimana pernah dijelaskan pada tulisan tentang ikhlas dalam trading (Baca: Belajar Ikhlas dalam Trading Saham), saya membuat trading plan seperti berikut:


FREN
TB (titik beli) : 111
SL (stop loss) : 95 
Range: 16 
Siap Rugi: 0,4% dari total modal

Dari perhitungan ini saya mendapatkan jumlah lot sesuai dengan risiko yang siap diikhlaskan. Saya setting BUY dengan fasilitas auto trading machine dari online trading platform yang saya gunakan.
Ternyata, saham "TEMAN" ini terus melanjutkan kenaikannya. Saya terus menaikkan stop loss (trailing stop loss) ke level support yang tidak ditembus selama 3-5 hari terakhir.
Singkat cerita, saham FREN saya berhasil membukukan cuan selipet di 222. Saya realisasikan 30% koleksi FREN di kisaran harga yang sudah tumbuh di sekitar 100%-an dari harga beli, meskipun belum menyentuh titik trailing stop.
Pada saat menembus 240, saya melakukan average up dengan jumlah lot lebih sedikit dari semula. Hal ini untuk menjaga harga average saya tetap di bawah. Walhasil, harga average saya di kisaran 156.
Grafik Saham FREN

Grafik Saham FREN
Setelah melakukan average up, saya terus hold saham FREN ini. Saya hanya mengecek trailing stop setiap tutup pasar dan kemudian diupdate jika memang sudah harus diperbaharui.
Sell All FREN

Sell All FREN
Walhasil, titik trailing stop saya terakhir ada di 276. Siang tadi, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada TEMAN yang telah setia menemani kurang lebih sebulan ini. Performa saham ini ikut mendongkrak pertumbuhan modal saya di bulan kedua tahun 2019 ini. Terima kasih, TEMAN!
Dari perilaku saham FREN ini, saya belajar arti kesabaran, keikhlasan dan kedisiplinan. Sabar ketika harus menahan profit, ikhlas ketika harus menerima jika saham ini kemudian naik lagi setelah kita lepas, dan disiplin ketika harus melepas semua saham di titik trailing stop.
FREN is your trend. Demikianlah, tren FREN sudah berakhir bagi saya di hari ini. Saya bersyukur bisa banyak belajar dari pergerakan saham FREN selama sebulan terakhir.
Semoga bulan ini saya kembali menemukan saham-saham semisal FREN yang akan terus menumbuhkan portofolio yang dikelola. Bukankah salah satu tujuan utama investasi adalah tumbuhnya aset kita?. [amsi]

--

Tulisan ini juga dipublikasian di Investing.com. Untuk melanjutkan diskusi silakan gabung di room telegram Syariah Saham

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Berkaca dari Perilaku "Teman" "

Posting Komentar