Hero

TobeNotes: Menentukan Stop Loss

Syariahsaham.com, CIANJUR -- Semalam saya membaca beberapa bab buku Jeff Sun, CFTe (seorang trader Singapura) yang saya beli lima hari silam. 

Ada satu hal menarik yang saya dapatkan darinya dalam menetukan stop loss (SL) dan take profit (TP) secara statistika yang belum saya temukan dari buku-buku yang saya baca. Ia memakai ATR (Average True Range) karya Wilder penemu salah satu indikator volatility. 

Jeff menetapkan SL 1.4 x ATR di bawah harga beli agar tak mudah terkena ayunan pergerakan harga. Jika SL kena maka akan loss sebanyak 1.4 x ATR. 

TP diset 1.5 x loss.  Sedangkan entry level tetap menggunakan kaidah support dan resistance atau formasi candlestick.  

Saya mencoba mengaplikasikannya pada saham HRUM jika hari (24/5/17) ini melakukan buy di harga close kemarin yakni 2040.

ATR HRUM 82 maka loss = 1.4 X 82 = 115 dan profit = 172.

Trading plan akan menjadi sebagai berikut:

Buy = 2040

SL = 2040 – 115 = 1925 (-5.6%)

TP = 2040 -172 = 2212 (+8.4%)

RRR = 1.5

Bagi saya dengan melakukan perhitungan seperti di atas, disiplin SL dan TP akan lebih confidence untuk dilakukan tanpa baper lagi. Namun, ini tidak cocok bagi short-term trader seperti day trader atau scalper mengingat setting loss yang cukup lebar.

Happy cuan.
Be A Confident Trader!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " TobeNotes: Menentukan Stop Loss "

Posting Komentar