Hero

13 Saham Syariah Saat Resesi: Studi Kasus 2008 dan 2015


CIANJUR, SYARIAHSAHAM.COM - Tahun 2008 merupakan salah satu momen yang paling mengkhawatirkan bagi pelaku pasar modal dalam 10 tahun terakhir. Saat itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 60% lebih dari harga tertingginya yang dicetak pada awal tahun tersebut. Saham-saham unggulan pun berjatuhan bahkan sampai beberapa di antaranya belum kembali ke harga tertingginya sampai hari ini.

Tak terkecuali dengans saham-saham yang tergabung dalam indeks JII (Jakarta Islamic Index) saat itu. Dari 30 saham yang tergabung dalam JII tahun tersebut, 13 di antaranya masuk juga perhitungan JII saat ini. Berikut ini tabel penurunan 13 saham JII pada tahun 2008:


Bagaimana dengan performa mereka di saat IHSG kembali meluncur tajam di 2015? Meski tidak sedalam tahun 2008, namun penurunan IHSG sebesar hampir 25% sejak mencetak rekor tertinggi April lalu berimbas pada anjloknya harga saham-saham syariah yang tergabung dalam JII. Tabel berikut merinci penurunan ketigabelas saham dimaksud :



Dalam dua hari terakhir, IHSG berhasil rebound dari harga terendahnya Senin lalu. Bagaimana juga dengan performa ketiga belas saham syariah yang dibahas pada tulisan ini? Silakan cermati tabel berikut ini (harga penutupan per 28 Agutus 2015 pukul 09.50): 



Selamat memilah dan memilih! Happy investing!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " 13 Saham Syariah Saat Resesi: Studi Kasus 2008 dan 2015 "

Posting Komentar