Hero

Pemilu, Volatilitas Pasar, dan Sektor Pemenang

SyariahSaham.com, CIANJUR -- Berikut tulisan lawas tentang korelasi antara Pemilu,volatilitas pasar saham dan sektor pemenang yang pernah dimuat di portal Inilah.com :

Hanya dalam hitungan hari, bangsa Indonesia akan segera merayakan pesta demokrasi yang rutin diselenggarakan lima tahun sekali. Berbagai harapan dan kekhawatiran muncul seiring berlangsungnya hajatan besar rakyat Indonesia ini. Tak terkecuali bagi para pelaku pasar modal yang sedang berharap-harap cemas menanti proses berjalannya suksesi kepemimpinan bangsa ini lima tahun ke depan. 

Mengenai kaitan pasar modal dengan dinamika politik suatu negara, Leblang & Mukherjee (2005) meneliti tentang bagaimana volatilitas harga saham dipengaruhi oleh keberpihakan pemerintah dan ekspektasi pelaku pasar modal terhadap kemenangan pemilu baik oleh partai sayap kiri maupun sayap kanan. 

Penelitian ini mengasumsikan bahwa ekspektasi rasional terjadinya inflasi yang lebih tinggi ketika pemerintah di bawah kekuasaan partai sayap kiri akan menurunkan volume perdagangan saham yang beredar di pasar modal. 

Penurunan volume ini berdampak pada penurunan volatilitas harga saham bukan saja ketika partai sayap kiri menjadi penguasa, tetapi juga ketika para pelaku pasar mengharapkan partai sayap kiri memenangkan pemilu. 

Sebaliknya, harapan akan rendahnya inflasi ketika kekuasaan berada di bawah partai sayap kanan mengakibatkan meningkatnya volume perdagangan sehingga mendorong naiknya volatilitas harga saham selama pemerintahan di bawah partai sayap kanan. 

Hal ini terjadi juga ketika para pelaku pasar mengantisipasi kemenangan partai sayap kanan dalam pemilu. Data mingguan dan bulanan dari pasar saham Amerika Serikat dan Inggris antara tahun 1930 sampai tahun 2000 secara statistik menjadi bukti yang menguatkan prediksi kedua peneliti tersebut.

Selengkapnya di researchgate.

---
Silakan gabung di room telegram Grup Syariah Saham untuk melanjutkan diskusi tentang saham syariah Indonesia!

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

0 Response to " Pemilu, Volatilitas Pasar, dan Sektor Pemenang "

Posting Komentar