Hero

Trading For Living (TFL), Bisakah?

oleh: @andirerei (Sesepuh Forum IDX6000)

Trading For Living (TFL), Bisa kah? Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung....Coba kita hitung! Kebutuhan pokok saya (dapur, anak sekolah, air, listrik, dll) perlu dana sekitar 15 juta per bulan. Keuntungan saya dari trading sebulan 10%, maka dengan modal "hanya" 150 juta, saya sudah bisa TFL .... 

Masalahnya adalah untuk dapat untung 10% per bulan itu tidak sederhana. Karena tidak setiap bulan kondisi market itu kondusif dan nyaman untuk dimasuki. Kalau gitu, ok kita turunkan keuntungan kita hanya sebesar 5% saja, maka modal pun berlipat dua menjadi 300 juta. Sanggup 5% per bulan? 

Karena sesuatu hal, sehingga tidak bisa setiap hari trading, ternyata 5% pun agak susah. Ok, kita turunkan lagi saja keuntungan kita menjadi hanya sekitar 2% saja, maka modal pun harus ditambah menjadi 750 juta. Kelihatannya enteng bukan?

Tapi ternyata tidak juga....... Karena apa?..... Dalam trading, kadang kita itu cuan, kadang kita itu harus cut loss..... Di sini lah masalahnya, cut loss itu lah yang mengurangi ekuitas kita.......yang nantinya akan berpengaruh terhadap capaian untung itu Kecuali....jika saya tidak pernah cut loss......ekuitas saya tetap terjaga. 

Coba hitung deh.....dengan modal 750 juta, dalam sebulan saya harus cutloss 2 kali, masing2 sebesar 2%, sisa berapa ekuitas saya? Berkurang bukan? Artinya saya tidak bisa lagi menargetkan keuntungan dalam sebulan hanya 2%. Harus naik itu..... Lebih dari 2% 

Modal awal yang 750 juta dikurangi CL 2 kali sebesar 4%, ekuitas saya setelah CL itu sisa 720 juta saja bukan? Maka kalau saya mau tetap dapat hanya 2% sebulan, tidak lagi 15 juta kan? Hanya dapat 14,2 juta saja kan.... Atau dengan kata lain cuan saya di bulan itu harus lebih dari 2%, jika ingin tetap dapat 2% dari ekuitas 750 juta pada bulan berikutnya..

Gambar: cloudfront.net

Ok kita anggap semuanya dalam kondisi ideal, semuanya lancar, tetap dapat 2% sebulan tanpa CL sekalipun. Pertanyaan selanjutnya adalah, bener nih pengeluaran saya akan tetap 15 juta sebulan?... Saya yakin deh, jika saya mampu konsisten dapet 2% sebulan dari equitas 750 juta, saya tidak akan tahan hidup hanya dengan biaya hidup sebesar 15 juta sebulan..

Capaian itu akan membuat saya confidence, ...... Dengan confidence itu lah saya akan mulai tidak disiplin.....Karena apa?.... Karena saya hidup di tengah2 manusia dan tinggal di lingkungan kota (pinggiran pun anggap saja masuk di kota lah) hahahhaa.

Kesimpulannya adalah jika saya mengambil keputusan untuk menjalani TFL, maka saya harus disiplin dengan sangat ketat pada MM yang sudah dihitung di atas........ Anda bisa tahan? kalau saya sih terus terang tidak akan tahan? 😄😄😄 Dan mungkin karena itu lah, saya belum bisa menjalani TFL 😄😄😄. 

Tapi.....bagi anda yang memang sudah niat, ada bagusnya dicoba dan dilaksanakan......👍👍👍. Dan lagian kalau saya punya duit sebesar 7,5 milyar, tentu pengeluaran saya sebulan tidak akan hanya sebesar 15 juta saja...... 

Mungkin saya akan punya pengeluaran per bulan paling enggak ya 100 juta lah ....😄😄😄 Dengan 7,5 milyar saya hanya berharap dividen tahunan yang dibagikan. Dan taroh lah 2% per sekali bagi. Berapa ya?

Untuk berlangganan, silakan masukkan email:

1 Response to " Trading For Living (TFL), Bisakah? "

  1. Trading for living, menggoda, namun cukup sulit, perlu ilmu dan nyali untuk mewujudkan

    BalasHapus